CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 28 Maret 2013

Pengertian email, facebook, blogger, twitter dan friendster

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Oleh: 
YULIATI 
(A 401 11 059) 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR 
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
 2013


EMAIL

Pengertian Email
        Email adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan. Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan plasa.com. Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh tanda @. Bagian pertama merupakan user-id dan bagian kedua menunjukkan penyedia layanan email. Terdapat 3 jenis layanan email, yaitu : POP Mail, Web Based Mail, dan Email Forwarding. 
Berikut adalah penjelasan masing-masing dari ketiga jenis email tersebut : 
1. POP Mail Email jenis ini sama dengan Email yang kita terima dari ISP (connect internet dari rumah atau kantor). Kelebihan utama dari Email jenis POP Mail adalah bisa dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk cara mengecek email kita perlu connect ke server Pop Mail, kemudian mendownload semua email yang ada. Setelah itu kita bisa memutuskan connect ke server kemudian membaca email yang sudah didownload tadi. Dan jika sudah siap hendak membalas email yang kita terima tersebut, kita bisa connect lagi ke internet baru kemudian kirim email kita. Untuk itu semua kita perlu menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlock Express. Sedangkan kekurangan dari POP Mail adalah kita tidak bisa membukanya di sembarang tempat. 
2. Web Based email Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs penyedia layanan email atau biasa disebut WebMail, misal Gmail, Yahoo, Hotmail, dll. Kelebihan dari Web Based Email adalah kita bisa mengecek email kita dari mana saja dan dengan browser apasaja (contoh; Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dll). Sedangkan kekurangan utama dari email berbasis web adalah untuk mengecek email kita harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu tidak begitu terasa. Tapi bagi yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet). 
3. Email Forwarding Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi kita yang belum menemukan layanan email yang cocok, atau sering ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email kita yang lain. Kelebihan Email Forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat email kita yang sesungguhnya. Selain itu kita juga tidak perlu memberi tahu email kita yang baru. Yang kita berikan cukup alamat email forwarding tersebut. Sedangkan kekurangannya adalah karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat kita. 

Fungsi Email
  • Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat.
  • Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
  • Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan.
  • Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri.
  • Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
Cara Membuat Email 
1. Buka web browser (misalnya internet explorer). 
2. Ketik alamat www.yahoo.com pada address bar. Maka akan tampil halaman utama dari yahoo.com. 
3. Kemudian klik tab mail yang ada pada halaman utama tersebut. Akan tampil halaman mail yahoo.com sebagai berikut : 
  1) Pilih “Sign up for Yahoo!”. 
  2) Isi semua form yang ada dengan benar. Panduannya tersedia di halaman berikutnya. Form  registrasi tersebut adalah sebagai berikut. 
• Mengisi First name : Nama depan, dan juga Last name : nama belakang. Kalau seorang hanya mempunyai nama satu kata saja (aliran satu kata), maka dapat ditulis dobel/sama. 
• Pilihlah Preferred content, untuk defaultnya adalah Yahoo! Us. 
• Mengisi Gender (Male atau Female). 
• Mengisi Yahoo! ID. Yahoo! ID terdiri dari huruf a-z, angka 0-9 dan tanda penghubung garis bawah (underscores). 
• Password : Isi passwordnya dengan karakter, angka atau gabungan dari keduanya. Password tidak boleh lupa, karena kalau seandainya lupa, maka kita nanti akan kerepotan dan tidak dapat membuka alamat email yang kita buat. Tulislah password sebanyak dua kali pada kolom yang berbeda, dengan password yang sama. 
• Security Question : Digunakan apabila kita lupa terhadap password, maka kita dapat mengikuti petunjuk dengan security tersebut. 
• Mengisi tanggal kelahiran dengan format : Bulan, Tanggal dan Tahun kelahiran. Isi sesuai dengan kondisi kita. 
• Mengisi ZIP / Postal Code : Isikan kode pos. 
• Mengisi Alternate Email ( optional ) : Tidak wajib diisi atau boleh diisi jika sudah punya alamat Email. 
• Industry : Pilihlah industri yang sesuai. 
• Title : Isi dengan nama jabatan kita pada industri atau lembaga tempat bekerja. 
• Specialization : Isilah sesuai dengan spesialisasi saudara bekerja. 
• Mengetikkan kode yang sama seperti tertulis di dalam kotak dibawahnya. 
• Menulis security text. 
• Setelah semuanya selesai, maka tekanlah menu “I Agree”. 

FACEBOOK 

Pengertian Facebook
         Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini. 

Fungsi Facebook 
  • Sekedar chating dan menghabiskan waktu luang.
  • Ajang saling ketemuan.
  • Mendapatkan teman baru atau menambah teman sebanyak-banyaknya.
  • Tempat jual beli, layaknya pasar, facebook memiliki manfaat untuk saling jual beli ( bisnis online ).
  • Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif.
  • Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun. 
  • Tempat dukungan, masih ingat kasus Kriminalisasi KPK atau uang koin prita. Darimana semua orang mendukungnya, dari facebooklah semua berasal.

Cara Membuat Facebook 
1. Buka Internet Explorer atau Mozilla Firefox. 
2. Buatlah akun Facebook di www.facebook.com. 
3. Ubah bahasa menjadi Bahasa Indonesia untuk memudahkan pemahaman. Klik bahasa pada bagian kiri bawah. 
4. Isi data kamu dengan lengkap pada kolom daftar isian. Klik tombol buat akun / mendaftar. Kemudian akan muncul halaman Pemeriksaan Keamanan. Lalu Klik Mendaftar sekali lagi. 
5. Muncul halaman baru berupa Langkah 1, Langkah 2 dan Langkah 3. Isi password email anda pada Langkah 1 untuk mencari daftar teman dalam Email kamu yang sudah mendaftar facebook. Langkah 2 isikan data sekolah dan perusahaan jika sudah bekerja atau lewati untuk menuju Langkah 3. Pada Langkah 3 upload foto kamu dari komputer. simpan dan lanjutkan atau kamu bisa lewati untuk langsung menhuju halaman utama facebook. 
6. Periksa email yang kamu gunakan pada saat mendaftar. Klik tautan (link) yang dikirim Facebook. 
7. Login menggunakan email dan password kamu. 
8. Setelah masuk halaman utama dan email sudah terverifikasi tambahkan koleksi foto kamu dan isi profile kamu secara lengkap untuk memudahkan pencarian oleh teman-teman kamu. 

BLOGGER

Pengertian Blogger 
        Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal. Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum : 
1. Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online. 
2. Memiliki tujuan. 
3. Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya. 
4. Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting). 
5. Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan Blog. 

Fungsi Blogger 
  • Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain.
  • Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain.
  • Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif.
  • Berkarya atau aktualisasi diri.
  • Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar.
  • Berbagi pengalaman.
  • Berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb. 

Cara Membuat Blogger 
1. Buka Internet Explorer atau Mozilla Firefox. 
2. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com. 
3. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan bawah, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah dipahami. 
4. Silahkan langsung masuk/login dengan menggunakan username/nama pengguna serta password/sandi gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger).
5. Isilah formulir yang ada : 
• Nama tampilan : isi dengan nama yang ingin tampil pada profile blog anda. 
• Jenis Kelamin : pilih sesuai dengan jenis kelamin. 
• Penerimaan Persyaratan : Beri tanda ceklis sebagai tanda anda setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger. Klik tanda panah bertuliskan “Lanjutkan”. 
6. Klik tombol “Blog Baru”. 
7. Isilah formulir : 
• Judul : isi dengan judul blog yang di inginkan. 
• Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan. Alamat ini tidak dapat di edit kembali setelah dibuat, apabila anda ingin serius, maka pilihlah nama yang benar-benar anda inginkan. 
• Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai (ini dapat ganti kembali). 
• Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog”. 
• Sampai disini blog anda telah berhasil di buat. 
8. Untuk menghindari spam filter, sebaiknya anda langsung posting sembarang saja. Klik tulisan “Mulai mengeposkan”. 
9. Isi judul serta artikel. Akhiri dengan klik tombol “Publikasikan”. 
10. Silahkan lihat blog anda dengan klik tombol “Lihat Blog”.
11. Selesai. 

TWITTER

Pengertian Twitter 
        Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (“follower“). Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”. Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama “Larry the “Bird”, dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird. 

Fungsi Twitter
  • Mendapatkan berita-berita terbaru. 
  • Mengintegrasikan twitter dengan dengan blog/situs web RSS feed.
  • Menginformasikan jadwal kegiatan kita ke orang yang berkepentingan.
  • Menjaga reputasi bisnis kita.
  • Saling tukar pikiran dan ide.
  • Mendapat umpan balik dari customer ( bisnis ).
  • Sebagai tempat untuk survey.
  • Mendapatkan berita2 / promosi dari produsen.
  • Belajar tentang bisnis, industri atau hal-hal lain.
  • Berbagi pengetahuan di twitter.
  • Mencari prospek baru dalam bisnis.
  • Memperluas jaringan sosial atau bisnis kita.
  • Sebagai agenda online kita.
  • Dan tentunya seperti social tools lainnya, melalui twitter kita bisa mendapatkan teman baru. 

Cara Membuat Twitter 
1. Buka Internet Explorer atau Mozilla Firefox. 
2. Buka halaman website untuk melakukan pendaftaran Twitter di sini https://twitter.com/signup.
3. Isilah data-data anda pada kolom formulir pendaftaran : 
• Isikan nama lengkap anda pada kotak full name. 
• Isikan email anda yag sudah anda buat tadi ada kotak email. 
• Isikan nama panggilan anda pada kotak username. Anda bisa mengisinya sesuka anda. 
• Pada kotak pasword anda harus mengisi kata sandi yang akan anda gunakan untuk masuk atau login pada twiter anda nantinya. Anda bisa membuat password dengan huruf, angka atau perpadungan antara huruf dan angka. Hindari memakai password yang sama dengan password yang anda gunakan pada email anda. Selain itu pakailah password yang mudah anda ingat, namun yang sulit untuk ditebak oleh orang lain. Hindari membuat password yang mudah seperti tanggal lahir anda atau nama orang yang penting buat anda. 
4. Langkah terakhir, silahkan anda tekan tombol "create my account" dan jawablah kode captcha yang diminta kemudian tekan sekali lagi tombol "create my account”. 
5. Setelah itu pendaftaran selesai. 
6. Silahkan anda membuka kembali email anda untuk melihat apakah ada pesan dari Twitter untuk mendapatkan link konfirmasi. Bila anda mendapatkannya, silahkan melakuan konfirmasi dengan cara menekan link konfirmasi tersebut kemudian anda bisa login pada akun Twiter yang sudah anda daftarkan tadi yang tentunya menggunakan alamat email yang anda isikan pada formulir pendaftaran di awal.

FRIENDSTER

Pengertian Friendster 
        Friendster adalah salah satu situs Social Network Service yang terpopuler di Asia. Social Network Service (Layanan Jaringan Sosial) ini merupakan pelayanan pembangunan data sosial bertumpu pada anggota yang mendefinisikannya secara terus menerus. Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia. Situs ini merupakan situs jaringan sosial pertama di internet yang memiliki basis awal di negara-negara berbahasa Inggris, lalu menyebar hingga ke Asia. Posisinya di Amerika Serikat dan tidak lama kemudian digantikan dengan MySpace dan kemudian Facebook dan LinkedIn, namun situs ini masih memiliki basis masa di Asia.

Fungsi Friendster 
        Friendster adalah suatu jaringan sosial sejenis facebook yang berfungsi untuk berkomunikasi di dunia maya baik dengan orang yang kita kenal maupun orang yang belum kita kenal sepenuhnya. Fungsi friendster hampir mirip dengan fungsi email tapi friendster memiliki kelebihan daripada email biasa yaitu kita dapat menampilkan identitas diri kita yang bisa di lihat oleh anggota lain seperti menampilkan foto kita, serta kita juga bisa menghiasi profil kita dengan berbagai desain layout yang menarik. Selain itu kita juga bisa saling mengirimkan komentar ataupun mengirim pesan pribadi kepada anggota friendster lainnya. 

Cara Membuat Friendster 
1. Buka Internet Explorer atau Mozilla Firefox. 
2. Ketik Situs yang diingini, contoh (www.friendster.com). 
3. Cari kalimat ==>> Sign Up. Sign Up artinya kita masuk untuk mendaftar di friendster. 
4. Setelah klik Sign Up, maka akan muncul tempat pendaftaran tersebut. 
5. Isilah pendaftaran tersebut dengan lengkap. Ikuti perintah di dalam pendaftaran tersebut. 
6. Kemudian klik Register. 
7. Setelah Register yang telah di klik tadi ada muncul Verify Email Address.
8. Dengan munculnya kalimat tersebut, lalu kita klik Home. Home artinya kita masuk untuk melihat apakah kita sudah sukses terdaftar. Berarti pendaftaran sudah selesai.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

temanya is beautiful... tambah menarik baca isinya.. alhamdulilah,,

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah... Terima kasih....

Posting Komentar